KTB (KELOMPOK TUMBUH BERSAMA)
Tujuan KTB adalah untuk membangun kerohanian, karakter, regenerasi yang memuridkan . KTB dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok dipimpin oleh seorang pemimpin KTB yang terdiri dari guru-guru Sekolah Erenos dan pengurus/aktivis GII BSD.
Bahan KTB menggunakan Materi Kambium Sederhana yang terbagi atas 3 bagian yang secara sistematis berurutan yaitu Pertama Kambium Berakar, kedua Kambium Bertumbuh dan Ketiga Kambium Berbuah.
Setiap siswa peserta akan mengikuti KTB secara berkelanjutan yang dimulai dari materi Berakar selama 1 tahun, selanjutnya pada tahun ke-2 mengikuti materi Kambium Bertumbuh dan pada tahun ke-3 yaitu menggunakan materi Kambium Berbuah.
KTB dilaksanakan setiap bulan satu kali dengan durasi 1 jam pertemuan. Peserta KTB sekarang diikuti oleh anggota OSIS SMP dan SMA ditambah dengan siswa lainnya. Kedepan diharapkan peserta KTB akan menjadi pemimpin untuk menjangkau semua siswa SMP dan SMA,dimana saat ini sedang dipersiapkan para pemimpin KTB yang akan melanjutkan estafet berikutnya.
SOCIAL AND SCIENCE DAY
Kegiatan Social and Science Day adalah kegiatan rutin yang dilakukan di SMA Erenos. Tujuan kegiatan adalah agar siswa SMA dapat menerapkan keterampilan dan soft skill 4C yaitu Critical thinking, Creative, Collaboration, Communication, dalam menyusun setiap kegiatan sosial dan sains. Kegiatan tsb. mengajak adik-adik di SD dan SMP untuk belajar bersama kakak-kakaknya di SMA.
Mereka perlu berpikir kritis dalam mempersiapkan dan membuat perencanaan untuk setiap kegiatan yang akan ditampilkan, kemudian membangun kreativitas, kolaborasi dan komunikasi dalam tim. Hasil finalnya dikomunikasikan kepada adik-adik di SD dan SMP.
Setiap kegiatan Social dan Science Day dibimbing oleh guru-guru dibidangnya masing-masing.
CHARACTER DAY
Kegiatan Character Day adalah kegiatan rutin yang dilakukan di SMA Erenos. Sekolah Erenos memiliki 3 pilar karakter yang dikembangkan yaitu :
- Takut Akan Tuhan.
- Pemimpin Pelayan.
- Damai Sejahtera.
Dari 3 pilar karakter dijabarkan menjadi 35 karakter dan disusun menjadi modul-modul untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa SMA belajar karakter menjadi seorang pemimpin pelayan dalam melayani adik-adiknya di KB-TK, SD dan SMP.
PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN)
PKL adalah kegiatan wajib yang dilakukan di SMA kelas 11 merupakan bagian dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
PKL dilaksanakan selama 5 hari atas bekerjasama dengan beberapa lembaga, institusi misalnya dengan : Pesona Edu (IT), HOB (House Of Bread) tentang pengawetan ikan, UPJ (Marketing Mix).
Tujuan PKL adalah untuk mendidik siswa SMA untuk belajar :
- Mengenal sistem dunia kerja, disiplin, kemandirian serta tanggungjawab.
- Mempersiapkan diri untuk mengenal dan memasuki dunia kerja yang sesuai kompetensinya.
PKWU (PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN)
PKWU adalah kegiatan yang dilakukan di SMA secara bertahap dan berkelanjutan dari kelas 10 sampai 12. Tujuan PKWU adalah untuk mendidik siswa SMA memiliki keterampilan entrepreneurship, belajar menjadi seorang pemimpin pelayan. PKWU merupakan kolaborasi dari Pelajaran Ekonomi, Akuntansi, Prakarya, Teknologi Pangan, dan Teknologi Informasi. PKL merupakan salah satu bagian dari kegiatan PKWU.
PKWU merupakan pelajaran yang tepat untuk penerapan integrasi iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan untuk hidup bijaksana, mengatur, mengelola, melestarikan sebagai wujud rasa syukur, takut dan hormat akan Tuhan.
Pada awalnya, siswa SMA belajar teori ekonomi dan belajar menganalisa pasar. Kemudian mereka akan membuat bisnis plan melalui Pelajaran Akuntansi. Produknya dari keterampilan Prakarya dan Teknologi Pangan. Pemasaran bisa melalui online (teknologi).
BIOFLOK
Bioflok adalah tehnik rekayasa lingkungan yang memanfaatkan mikroorganisme dengan mengandalkan pasokan oksigen. Kolam yang diberikan bakteri dalam takaran tertentu untuk mengurangi kadar amonia yang berasal dari kotoran ikan sehingga kolam tidak mengeluarkan bau. Hasil dari PKWU, Sekolah Erenos memiliki kolam ikan bioflok. Kolam ikan bioflok dikelola oleh tim siswa SMA, mulai dari persiapan air kolam dengan sistem bioflok, penyemaian benih ikan, memberikan makan ikan, panen dan pemasaran.
Kolam ikan bioflok sudah masuk tahun ke-2, panen pertama sudah dilakukan. Setiap tahun terjadi regenerasi dalam mengelola kolam ikan bioflok.
CODING DAN ROBOTIK BERBASIS STEAM
Coding dan Robotik berbasis STEAM merupakan mata pelajaran TK, SD, SMP, SMA.
Tujuan belajar Coding dan Robotik berbasis STEAM adalah agar anak terbiasa belajar menyelesaikan masalah secara algoritma (problem solving). Siswa belajar keterampilan abad ke-21 yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi. Siswa juga belajar menggabungkan 5 kedisiplinan ilmu yaitu Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika.
Pelajaran ini dikelompokan dalam Kelas SMP-SMA, SD kelas 4-6 belajar coding dan robotic melalui S4A (Programming Scratch For Arduino). Kelas SD 1-3 dan TK belajar coding dan robotic melalui Kids First Coding and Robotic. Coding dan Robotik berbasis STEAM menggunakan toolkit GIGO.
RETREAT
Retreat adalah kegiatan kerohanian yang dilakukan setiap tahun satu kali diikuti oleh semua siswa pada tingkat SD (kelas 1-6), SMP (kelas 7-9), SMA (kelas 10-12). Tujuan dari retreat adalah untuk membangun kerohanian anak-anak melalui firman Tuhan, doa, pujian, hidup mandiri, bertanggung jawab dan bekerja sama, saling memperhatikan dalam satu tim.
FIELDTRIP/KARYAWISATA/OUTING CLASS
Fieldtrip/Karyawisata adalah kegiatan kunjungan ke daerah edukasi/wisata tingkat KB-TK, SD, SMP dan SMA. Fieldtrip dilakukan setiap tahun dua kali.
Tujuan Fieldtrip adalah memperkaya pengalaman anak-anak dalam belajar diluar kelas dengan mengunjungi daerah atau tempat edukasi atau wisata. Kegiatan Fieldtrip memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar berbagai aspek misalnya: menikmati ciptaan Tuhan dan usaha pelestarian dalam memeliharanya, wawasan ekonomi dan kewirausahaan, kreatifitas dan peluang usaha lainnya.
LIVE IN AND GOES TO CAMPUS
Live In and Goes to Campus adalah kegiatan SMA Erenos yang dilaksanakan 2 tahun sekali.
Tujuan kegiatan Live In adalah supaya siswa belajar kehidupan di masyarakat, bisa belajar menerapkan kebenaran Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, melayani sesama dan bersosialisasi hidup bersama dengan keluarga yang ditempati
Tujuan Goes to Campus adalah supaya siswa memperkaya pandangan dari berbagai perguruan Tinggi, keunggulan, peluang untuk melanjutkan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minatnya
Live In pertama dan kedua dilaksanakan di Gunung Wilis bekerjasama dengan Gereja Kristen Abdiel (GKA) Anugerah Tulungagung. Goes to Campus dilaksanakan di kampus Universitas Petra, UBAYA Surabaya, STT SAAT Malang. Kampus Universitas ITB, Pajajaran, Maranatha Bandung.
Tahun 2024 kegiatan Live In dengan tema “Hati Yang Melayani “. Dilaksanakan di daerah Kopeng, Salatiga bekerjasama dengan GJKI Filadepia Kopeng Salatiga. Sedangkan Goes to Campus mengunjungi kampus UNNES dan UKSW Salatiga.
MEMBATIK
Membatik adalah pelajaran di SMA kelas 10. Siswa belajar membatik yaitu batik tulis, batik cap, batik celup. Siswa juga belajar desain motif batik dengan Jbatik (software membatik) dan mendesain dengan tangan.
Tujuan belajar membatik adalah siswa melestarikan budaya bangsa (batik) dan belajar konsentrasi dan ketekunan keterampilan membatik. Pelajaran membatik sebagai ekspresi integrasi iman Kristen tentang keindahan, keagungan Tuhan. Disisi lain Pelajaran membatik juga memberikan wawasan nilai ekonomi yang tinggi dalam mengembangkan wawasan kewirausahaan.
HIDROPONIK
Hidroponik adalah pelajaran teori, praktik kecakapan atau ketrampilan hidup yang diajarkan di SMP kelas 7. Hidroponik adalah teknologi bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah namun menggunakan air dan larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman sebagai media tumbuh. Selain air dan larutan nutrisi, hidroponik juga menggunakan media tanam lain seperti rockwool, arang sekam, zeolit, dan berbagai media yang ringan dan steril lainnya.
Tujuan belajar hidroponik adalah siswa belajar wawasan integrasi iman Kristen yang berhubungan dengan penciptaan, pelestarian lingkungan hidup. Secara ilmu pengetahuan siswa belajar praktik ketrampilan mencocok tanam dengan teknologi hidroponik dari awal penyemaian sampai panen. Pelajaran Hidroponik memilkiki banyak nilai membangun karakter, seperti: mengamati proses dengan teliti, siswa belajar bertanggung jawab, belajar kesabaran dan belajar proses dalam menerima kegagalan dan keberhasilan.
Teknologi Hidroponik sangat cocok untuk menjawab kebutuhan jaman dimana siswa dapat praktik di rumah masing-masing bersama anggota keluarga menanam sayur dilahan yang sempit dilingkungan perumahan perkotaan yaitu membantu pemenuhan kebutuhan sayur keluarga.
SKETCHUP
SketchUp adalah sebuah aplikasi desain grafis. Sketch dipelajari di SMP kelas 9. Tujuan belajar SketchUp adalah agar siswa belajar tentang prinsip dasar pemodelan, penggunaan tools, teknik-teknik desain, dan konsep-konsep yang diperlukan untuk membuat model tiga dimensi yang menarik dan fungsional.